Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X membuat puisi dengan menggunakan atau tidak menggunakan media gambar dan pengaruh media gambar terhadap kemampuan siswa kelas X dalam membuat puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian merupakan penelitian yang melibatkan dua kelompok/kelas, yaitu kelompok/kelas eksperimen (kelompok/kelas yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi) dan kelompok/kelas kontrol (kelompok/kelas yang tidak menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi). Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes, obsevasi dilakukan untuk mengetahui keadaan subjek penelitian, sedangkan tes maksudnya ialah, siswa ditugaskan untuk menulis puisi berdasarkan gambar yang dipaparkan peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil perlakuan dengan menggunakan media gambar dan juga terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa.