Meningkatkan Hubungan Sosial Masyarakat melalui Kegiatan Perlombaan di Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat

Main Article Content

Tanti Jumaisyaroh Siregar
Isnaini Azizah
Tharisa Amalia
Afifah hartika
Nessa ovia qulsum
Seri minta uba hasibuan
Delima Delima
Fitri Ramayani

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Meningkatkan Hubungan Sosial Masyarakat Melalui Kegiatan Perlombaan di Desa Karang Rejo,Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat”.Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep hubungan sosial masyarakat di Desa Karang Rejo,dan konsep kegiatan perlombaan dalam Islam, serta perlombaan yang dilaksanakan di Desa Karang Rejo sehingga dapat meningkatkan hubungan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan yang mengemukakan sebuah aktivitas didalam menganalisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Setelah data dianalisis maka hasil dari penelitian menunjukkan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pelaksanakaan perlombaan MTQ serta merayakan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus hubungan sosial warga desa semakin begitu erat, karena tanpa disadari, perlombaan-perlombaan yang terlihat hanya sebagai hiburan, namun dibalik itu banyak edukasi yang menstimulus warga dalam meningkatkan hubungan sosial yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siregar, T. J., Azizah, I., Amalia, T., hartika, A., qulsum, N. ovia, hasibuan, S. minta uba, Delima, D., & Ramayani, F. (2024). Meningkatkan Hubungan Sosial Masyarakat melalui Kegiatan Perlombaan di Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 5(1), 43-54. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7705
Section
Articles

References

Abu bakar, R. (2021).Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka Press.

Agusti, Barbara. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Inggris. Surabaya: Mega Prass.

Faisal, Yanuar Brasista Amar. 2014. Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Pelayanan Penguasaan Konten dengan Media Puzzel pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang, Vol.1, No.1.

Fitriani, Enny dkk. 2022. Meningkatkan Hubungan Sosial Mahasiswa dengan Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurnal GUIDANCE, Vol.19, No.1.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Zikri Fachrur. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi, Jurnal Komunikasi dan Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol.3, No.1.

Pratiwi, Sri Uji. 2020. Sosiologi Kelas X SMA, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Pritantia, Nuri Rizkidkk.2021. Pola Hubungan Sosial Masyarakat Multikultural dalam Gaya Hidup Beragama. Jurnal IDEALS, Vol.3, No.7.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2010. Pengantar Ilmu Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Shadelly, Hassan. 2003. Enslikopedia Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV. Rajawali.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Website Resmi Desa Timbang Lawan. Dikases pada 1 September 2023, Pukul 20.00, di https://desatimbanglawan.id/