Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP/MTS

Main Article Content

Afifah Nabila Nasution
Cyntia Suarni Arifin
Weni Sastika

Abstract

This study aims to find out and describe how the application of a realistic mathematical approach to set material for SMP/MTS students. The research method used is a literature review. The stages of the literature review are article collection, article reduction, article display, organizing and discussing, and drawing conclusions. The articles used in this study were 20 out of 28 articles obtained from Google Schooler. Based on this research, it was found that the application of a realistic mathematical approach to set material is very suitable to be applied because it is more effective and valid so that the responses received by students are also positive and can improve mathematics learning outcomes for SMP/MTS students, especially in set material.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, A. N., Arifin, C. S., & Sastika, W. (2024). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP/MTS. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 5(1), 61-73. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7828
Section
Articles

References

Arfinanti, N. (2014). Lembar kerja siswa pada materi himpunan berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan MIPA, 4, 5-17.
Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16.
Farida, B. (2018). Penerapan pendekatan matematika realistik dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika di kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81-90.
Fitri, P. R., Sukirwan, S., & Jaenudin, J. (2022). Penerapan Pendekatan Realistik Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Himpunan Menggunakan Video Permainan 17an. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 188-194.
Hidayat, D. A., Artika, A., & Sugandi, A. I. (2021). Penerapan Pendekatan Realistik Matematis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Himpunan Siswa Kelas VII SMP PGRI Arjasari. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-15.
Kaaba, L. I., Majid, M., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistics Mathematics Education pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 468-475.
Kurniansyah, M. Y., Rosandi, A., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Logis Siswa Mts. Journal On Education, 1(3), 229-235.
Lestari, A. (2014). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita tentang himpunan di kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1-10.
Manurung, M. M., Windria, H., & Arifin, S. (2018). Desain pembelajaran materi himpunan dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk kelas VII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19-29.
Narmi, N. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Vii Mts. Batusitanduk (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
Nurlatifah, A. (2017). Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Sleman. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(5), 37-46.
Riza, F. A., Halim, F. A., & Utomo, B. T. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas Vii Smp Islam Lumajang Materi Himpunan.
Sholihah, I., & Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 1-16.
Subryanto, M. (2014). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Soal Cerita tentang Himpunan. Aksioma, 3(2), 121-131.
Sukirwan, S., Fitri, P. R., Warsito, W., & Saleh, H. (2022). Desain Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 79-97.
Tusdia, H. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Materi Himpunan. Journal On Education, 2(1), 161-166.
Ulfah, M. S., & Rejeki, S. (2022). Desain Lembar Kerja Peserta Didik Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 6(1), 32-47.
Yahya, H., Danaryanti, A., & Amalia, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Daring Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Di Lingkungan Lahan Basah Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii Smp/Mts. Jurmadikta, 2(2), 50-60.
Yuliani, S. B., Dewi, S. K., Ain, Z. Q., & Palupi, E. L. W. Pengembangan Modul Berbasis Etno-RME Berbalut Konteks Wayang Kulit Mahabharata pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas 7.
Yusuf, M. I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Dengan Strategi Hipnosis Materi Himpunan Kelas VII. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 20(2).