Implementasi Pembelajaran Pelatihan di LPK Kongbuhapsida Temanggung
Main Article Content
Abstract
Dunia pekerjaan sekarang ini tidak hanya dilihat dari tingginya pendidikan yang ditempuh, namun dilihat dari keterampilan yang dimiliki. Keterampilan yang harus dimiliki di era globalisasi adalah komunikasi dalam bahasa asing selain bahasa Indonesia salah satunya adalah bahasa Korea. Manajemen pembelajaran pelatihan yang sesuai dengan tahapan-tahapannya dapat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pelatihan LPK Kongbuhapsida Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pemimpin LPK, instruktur, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah mengetahui (1) perencanaan yang memuat indentifikasi kebutuhan, kelompok sasaran, materi pembelajaran, sumber belajar. (2) pelaksanaan pembelajaran yang memuat kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. (3) evaluasi dilakukan dengan pre test, post test, evaluasi saat pelaksanaan, dan uji kompetensi. (4) faktor pendukung berasal dari instruktur, metode pembelajaran, fasilitas,dan bahan ajar. Faktor penghambat berasal dari faktor cuaca, motivasi, dan manajemen waktu peserta didik.