Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas X di SMAIT Mahmudiyyah Cicurug

Main Article Content

Siti Salma Fauziah
Dina Amalia
Rosalinda Rosalinda
Jalaluddin Jalaluddin
Ayu Rahma
Ahmad Yani
Komarudin Komarudin

Abstract

Penggunaan gadget di kalangan peserta didik telah meluas dalam beberapa tahun terakhir. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial peserta didik. Berdasarkan tinjauan Pustaka dan analisi data, penggunaan gadget memiliki dampak yang signitif terhadap kemampuan interaksi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan gadget yang berlebihan dapat mengurangi kesempatan siswa dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, yang dapat mempengaruhi pada kemampuan mereka untuk berkomunikasi, bekerjasama, dan membangunhubungan sosial yang baik. Di sisi lain, pengunaan gadget yang terkendali dan terarah dapat memberikan manfaat Pendidikan dan mendukung pembelajaran kolaboratif. Artikel ini menunjukan bahwa pendidik dan orangtua berperang penting dalam memantau dan membimbing penggunaan gadget di kalangan peserta didik, sehingga dampak negative dapat diminimalisir dan potensi positif dpat dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fauziah, S. S., Amalia, D., Rosalinda, R., Jalaluddin, J., Rahma, A., Yani, A., & Komarudin, K. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas X di SMAIT Mahmudiyyah Cicurug. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 5(1), 132-135. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/8298
Section
Articles

References

[1] Anderson, M., & Jiang, J. (2018). Teens, Social Media & Technology 2018. Pew Research Center.

[2] Brown, B. B. (2018). Adolescents' relationships with peers. In R. M. Lerner & L. Steinberg (Eds.), Handbook of Adolescent Psychology (pp. 363-394). Wiley.

[3] Johnson, D. W. (2019). Reaching Out: Interpersonal Effectiveness and Self-Actualization. Pearson Education.

Livingstone, S., Mascheroni, G., & Staksrud, E. (2017). European research on children’s internet use: Assessing the past and anticipating the future. New Media & Society, 20(3), 1103-1122.

[5] Rideout, V. (2016). The Common Sense Census: Media use by tweens and teens. Common Sense Media.

[6] Smith, M. (2020). The impact of digital learning on student achievement. Journal of Educational Technology, 41(2), 123-138.

[7] Twenge, J. M., & Campbell, W. K. (2019). Media use is linked to lower psychological well-being: Evidence from three datasets. Psychiatric Quarterly, 90(2), 311-331.

[8]Active Healthy Kids Global Alliance. (2018). The Global Matrix 3.0 on Physical Activity for Children and Youth.