Tingkat Pendidikan Ibu terhadap Penerapan Pola Asuh pada Anak Usia Dini di Desa Medono
Main Article Content
Abstract
Pendidikan ibu memberikan keterampilan dan pemahaman tentang tugas maupun tanggung jawab sebagai orang tua. Adanya keterampilan dan pemahaman membuat ibu cenderung mampu untuk menghadapi tantangan dan dapat memutuskan pilihan dalam pola asuh untuk anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah orang tua terkhususnya ibu dengan jumlah 71 ibu. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis nonprobabilty sampling yaitu teknik Total Sampling. Hasil uji regresi diperoleh keofisien regresi sebesar 0,727 dan konstanta sebesar 45,498 dengan bentuk persamaan regresi Y= 45,498 + 0,727 X. Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan antara tingkat pendidikan ibu terhadap penerapan pola asuh pada anak usia dini di Desa Medono Kabupaten Kendal dengan R Square sebesar 0,140 atau 14%.
Downloads
Article Details
References
[2] Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
[3] Bailey, S., Hurley, J., Plummer, K., & Hutchinson, M. (2024). Specialist Early Parenting Intervention: Effectiveness of a Novel Nurse-led Approach for Rural Families. Journal of Pediatric Nursing, 78, 142–148. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2024.06.013
[4] Fitri, Y., Awalya, A., & Suminar, T. (2021). Influences of Parenting Style on Independence and Confidence Characteristics of Pre-School Children Article Info. Journal of Primary Education, 10(1), 83–87. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/34279
[5] Gallegos, S., & García, J. L. (2024). Childcare and Parenting in the Production of Early Life Skills. Economics of Education Review, 101(June), 102557. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2024.102557
[6] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Undip.
[7] Gunarsa, S. D. (1976). Psikologi untuk Keluarga. PT. BPK Gunung Mulia.
[8] Gunawan, H. (2022). Fungsi Pendidikan Dan Pengasuhan Dalam Keluarga. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–107.
[9] Hasan, M., & Dewi, M. C. (2013). PAUD: (Pendidikan Anak Usia Dini). Diva Press.
[10] Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Erlangga.
[11] Mangkunegara, A. P. (2003). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.
[12] Manurung. (1995). Manajemam Keluarga. Indonesia Publishing House.
[13] Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219
[14] Okorn, A., Verhoeven, M., & Van Baar, A. (2022). The Importance of Mothers’ and Fathers’ Positive Parenting for Toddlers’ and Preschoolers’ Social-Emotional Adjustment. Parenting, 22(2), 128–151. https://doi.org/10.1080/15295192.2021.1908090
[15] Soetjiningsih, S. (2013). Tumbuh Kembang Anak / Penyunting, Soetjiningsih, IG.N. Gde Ranuh. EGC.
[16] Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[17] Sujiono, Y. N., & Sarwiji, B. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.
[18] Winarti, W. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi di RA al Karimy Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto). Proceedings: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd), 261–270. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/393