Peran Guru Fasilitator dalam Pembelajaran berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai fasilitator dalam PjBL di Kurikulum Merdeka, mengidentifikasi strategi yang digunakan, tantangan yang dihadapi, serta solusi yang diterapkan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan 40 siswa SMP dan beberapa guru sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis tematik dengan triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembimbingan bertahap, penyediaan sumber belajar tambahan, serta umpan balik formatif. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, kesiapan siswa, dan keterbatasan sumber daya. Solusi yang diterapkan guru meliputi adaptasi metode, bimbingan tambahan, serta pemanfaatan teknologi. Evaluasi terhadap 40 siswa menunjukkan peningkatan rata-rata skor berpikir kritis (3.9), kolaborasi (3.7), dan kreativitas (3.8) dalam skala 1-5.
Downloads
Article Details
References
Diani, P. (2024). Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia). uinsu.ac.id
Hadi, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Islam: Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kemandirian Belajar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15522-15534. universitaspahlawan.ac.id
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: Tinjauan literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2742-2747. universitaspahlawan.ac.id
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nathaniela, H., & Esfandiari, N. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 1-6. marqchainstitute.or.id
Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-Based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77-80. upgris.ac.id
Nurdiniah, S. (2024). Langkah-langkah Partisipasi Guru dalam Pendekatan Pembelajaran Aktif di Muslimeen Suksa School, Thailand. Karimah Tauhid. unida.ac.id
Rahayu, S. (2021). Peran Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Rusman. (2020). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(2), 158-176. alqolam.ac.id
Suyanto, S. (2022). Transformasi Pendidikan dalam Era Kurikulum Merdeka. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.