Pengaruh Gabungan Kelas Antar Tingkatan melalui Metode Role Playing terhadap Hasil Praktek Fungsi Navigasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mengetahui pengaruh kelas gabungan antar tingkatan (combined grade) melalui metode role playing terhadap hasil praktek fungsi navigasi bagi taruna/i program studi Nautika angkatan II dan IV di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode quasy exsperiment. Data diperoleh melalui Comprehensive Assessment (Function 1. Navigation at The Operational Level) sesuai dengan STCW 78 as Amandement (Regulation A-II/2). Sebanyak 36 taruna/i Program studi Nautika angkatan II dan IVyang di ambil secara acak sebagai sampel penelitian. Hasil analisis data dengan uji-t (t-test) pada post test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar praktek fungsi navigasi kelompok gabungan antar tingkatan/angkatan (combine grades) dengan kelompok per angkatan melalui metode role playing. Ditunjukkan dengan nilai rata – rata peningkatan tes awal dan tes akhir kelas gabungan yaitu 5,67. Sedangkan, nilai rata – rata peningkatan kelas kontrol angkatan II sebesar 1,25 dannilai rata – rata angkatan IV sebesar 1,00. Dengan demikian,strategi kelompok gabungan antar angkatan (combine grade)menggunakanmetode Role Playing lebih efektif dan efisien dalam peningkatan perolehan hasil belajar praktek dibandingkan pembelajaran praktek menggunakan kelompok homogen (single grade) atau kelompok per angkatan.