Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran

Main Article Content

Imam Hambali

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) Proses perencanaan peningkatan mutu proses pembelajaran dengan pemanfaatan sistem informasi manajemen adalah: 1) Merinci secara cermat dan menganalisis secara sistematis terhadap tujuan yang hendak dicapai, 2) Mencari alternatif yang relevan, 3) Menggambarkan biaya total, dan 4) Membandingkan dan menganilis alternative. b) Pelaksanaan peningkatan mutu proses pembelajaran dengan pemanfaatan sistem informasi manajemen pada dua sekolah tersebut, diterapkan dalam kurikulum melalui :1) program pengembangan diri, 2) pengintegrasian ke dalam semua mata pelajaran, dan 3) pembiasaan. c) Evaluasi peningkatan Mutu Proses Pembelajaran dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen yaitu dengan penyebaran angket/kuisioner kepada seluruh siswa sebagai sasaran utama peningkatan mutu tersebut. Evaluasi peningkatan mutu pembelajaran dilaksanakan pada tengah semester dan akhir semester gasal. d) Hambatan dalam peningkatan mutu pembelajaran dengan pemanfaatan system informasi manajemen di Sekolah, secara umum terkait hambatan secara psikologis, secara administrative, hambatan secara administratif, hambatan dari segi anggaran, dan hambatan pada Sumber daya manusia yang berimplikasi secara umum terhadap ketercapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124-134. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1085
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.