Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dan Ketuntasan Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di SMA dengan Platform Google Classroom
Main Article Content
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar Biologi dengan memanfaatkan platform Google Classroom (GC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Tarakan. Mereka berjumlah 35 siswa, 16 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian membuktikan bahwa aplikasi GC dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan dan tindakan yang mengalami peningkatkan. Hal tersebut juga tampak dari peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang semula 37,1 pada siklus I menjadi 66,7 % pada siklus II, dengan kehadiran siswa 98,1% pada siklus I meningkat menjadi 100,0% pada siklus II. Dengan ketuntasan 70% dan rata-rata nilai 67,1 maka penelitian dihentikan walaupun masih terdapat 10 siswa atau 28,6% yang belum tuntas maka akan diberikan remedial tersendiri dalam waktu yang berbeda sehingga semua siswa kelas XI MIPA 5 ini diharapkan akan memperoleh ketuntasan pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.