Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dan Ketuntasan Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di SMA dengan Platform Google Classroom

Main Article Content

S Sriwiyati

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar Biologi dengan memanfaatkan platform Google Classroom (GC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Tarakan. Mereka berjumlah 35 siswa, 16 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.


Hasil penelitian membuktikan bahwa aplikasi GC dapat meningkatkan  hasil belajar siswa, yang  dibuktikan  dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan dan tindakan yang mengalami peningkatkan. Hal tersebut juga tampak dari peningkatan hasil belajar siswa di setiap  siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar.  Hasil  belajar siswa menunjukkan peningkatan yang semula 37,1 pada siklus I menjadi 66,7 % pada siklus II, dengan kehadiran siswa 98,1% pada siklus I meningkat menjadi 100,0% pada siklus II. Dengan ketuntasan 70% dan  rata-rata nilai 67,1 maka penelitian dihentikan walaupun masih terdapat 10 siswa atau 28,6% yang belum tuntas  maka akan diberikan remedial tersendiri dalam waktu yang berbeda sehingga semua siswa kelas XI MIPA 5 ini diharapkan akan memperoleh ketuntasan pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom terbukti dapat  meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sriwiyati, S. (2021). Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dan Ketuntasan Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di SMA dengan Platform Google Classroom. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1090
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.