Literatur Review: Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Sikap Sosial Siswa

Main Article Content

Weni Sukarni
Astalini Astalini
Dwi Agus Kurniawan

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yakni model pembelajaran problem solving sebagai suatu strategi yang diharapkan mampu meningkatkan sikap siswa dalam proses pembelajaran dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui studi pustaka yang mengkaji tentang implementasi sistem sosial model pembelajaran problem solving dalam upaya meningkatkan sikap siswa. Penelitian studi literatur ini bersumber dari artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen penelitian relevan yang berkaitan dengan penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah implementasi sistem sosial model pembelajaran problem solving. Berdasarkan hasil dari studi literatur dapat disimpulkan bahwa sistem sosial dari model pembelajaran problem solving yang telah diterapkan belum sepenuhnya memenuhi tuntutan dalam kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada penelitian terdahulu bahwa sistem sosial model pembelajaran problem solving belum mengakomodasi perbaikan sikap sosial siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah pengembangan terhadap sistem sosial model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan sikap sosial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sukarni, W., Astalini, A., & Agus Kurniawan, D. (2021). Literatur Review: Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Sikap Sosial Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 106-115. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1102
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.