Efektivitas Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP ST. Antonius Padua – Leworahang Tahun Pelajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa SMPS St. Antonius Padua – Leworahang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPS St. Antonius Padua Leworahang, dan sampel penelitian berjumlah 32 orang. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode kuisioner atau angket. Analisis data dilakukan dengan uji t. Berdasarkan perhitungan SPSS, dengan jumlah siswa 32 orang pada taraf signifikan 0,000. Pada taraf signifikan = 0,05 dari tabel diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, maka data hasil uji t satu sampel dapat diambil kesimpulan bahwa kurikulum 2013 sangat efektif terhadap motivasi belajar siswa SMPS St. Antonius Padua Leworahang tahun pelajaran 2019/2020.