Efektifitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada peraturan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tentang pelaksanaan Pendidikan dimasa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan media pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media pembelajaran daring openlearning yang digunakan selama perkuliahan oleh dosen dan mahasiswa pada mata kuliah desain pesan program studi teknologi pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Sampel dari penelitian ini sebanyak 75 mahasiswa dari 3 kelas dengan masing masing perwakilan kelas 25 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran daring Openlearning efektif digunakan pada mata kuliah desain pesan karena mahasiswa dan dosen dapat lebih mudah dalam mengakses materi sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan dalam perkuliahan. Efektifitas Perkuliahan Desain Pesan dengan menggunakan media pembelajaran daring yaitu openlearning dapat dilihat dari IPK mahasiswa yang semakin meningkat.