Pengembangan Video Tutorial dalam Pelatihan Magang Kerja Siswa SMK di PT. Sinar Energi Sulawesi

Main Article Content

Handy Ferdiansyah
Zulkifli N
Nurmayanti Nurmayanti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menentukan gambaran kebutuhan media pelatihan, gambaran desain, dan validitas serta kepraktisan Pengembangan Video Tutorial dalam Pelatihan Magang Kerja Siswa SMK Di PT. Sinar Energi Sulawesi. Jenis ini merupakan penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan angket kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pelatihan video tutorial dalam pelatihan magang kerja di PT. Sinar Energi Sulawesi: (i) menggambarkan perlunya media pelatihan video tutorial dalam pelatihan magang  kerja  siswa SMK dimulai dengan besarnya jumlah permintaan pelatihan serta terbatas waktu, jarak, dan biaya besar. memungkinkan untuk memaksimalkan hasil pelatihan, oleh karena itu perlu dibuat media pelatihan yang inovatif yakni video tutorial dalam pelatihan magang kerja. (ii) gambaran desain media pelatihan video tutorial dalam pelatihan magang kerja ini, peneliti mengadakan pertemuan dengan Tim isntruktur yang kemudian mengumpulkan materi selanjutnya membuat flowchart dan storyboard. (iii) media pelatihan video tutorial dalam pelatihan magang kerja yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian para ahli yaitu ahli materi dan ahli media dalam kategori Sangat Baik, sedangkan pada pengujian tingkat kepraktisan yang diperoleh dari kuisioner pelatih dan peserta pelatihan beradda dalam kategori Sangat Praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ferdiansyah, H., N, Z., & Nurmayanti, N. (2021). Pengembangan Video Tutorial dalam Pelatihan Magang Kerja Siswa SMK di PT. Sinar Energi Sulawesi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 116 - 123. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1127
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.