Pengaruh Cooperative Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan STAD dengan yang menggunakan TGT dengan melihat motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kutamekar I Karawang tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan kepada 70 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan rancangan eksperimen desain treatment by level 2x2. Proses pengumpulan data dengan tes pilihan ganda, dan non tes berupa angket untuk menentukan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran yang menggunakan cooperative learning STAD lebih efektif dibandingkan dengan TGT; (2) terdapat interaksi antara cooperative learning dengan motivasi belajar; (3) hasil belajar dengan motivasi belajar tinggi yang mengikuti cooperative learning STAD lebih tinggi dari pada TGT; (4) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah yang mengikuti cooperative learning STAD hampir sama dengan yang mengikuti TGT. Dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat apabila dilakukan dengan cooperative learning STAD sebagai faktor eksternal dan motivasi siswa sebagai faktor internal.
Kata Kunci: cooperative learning, motivasi, dan hasil belajar IPS