Pengaruh Cooperative Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Main Article Content

Chika Gianistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan STAD dengan yang menggunakan TGT dengan melihat motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kutamekar I Karawang tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan kepada 70 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan rancangan eksperimen desain  treatment by level 2x2. Proses pengumpulan data dengan tes pilihan ganda, dan non tes berupa angket untuk menentukan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran yang menggunakan cooperative learning STAD lebih efektif dibandingkan dengan TGT; (2) terdapat interaksi antara cooperative learning dengan motivasi belajar; (3) hasil belajar dengan motivasi belajar tinggi yang mengikuti cooperative learning STAD lebih tinggi dari pada TGT; (4) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah yang mengikuti cooperative learning STAD hampir sama dengan yang mengikuti TGT. Dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat apabila dilakukan dengan cooperative learning STAD sebagai faktor eksternal dan motivasi siswa sebagai faktor internal.


 


Kata Kunci: cooperative learning, motivasi, dan hasil belajar IPS

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gianistika, C. (2021). Pengaruh Cooperative Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 417-423. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1131
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.