Optimalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama lslam SMA Melalui SupervisiKlinis dan Daily Journal Report -

Main Article Content

Asep Dudin Abdul Latip

Abstract

Abstrak


Penelitianbertujuan  untuk mengetahui : “Desain Supervisi Klinis dan Daily Journal Report  dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMA.


Supervisi klinis adalah supervisi yang difokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui langkah  pra observasi, observasi dan pasca observasi. Dan rancangan (desain) Tindakan yang  lakukan   menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yakni  meliputi empat alur (langkah): (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.


            Disimpulkan optimalisasi kinerja guru diperoleh melalui Supervisi Klinis dan laporan Jurnal harian.  Supervi klinis dilakukan pada tahap pra observasi dengan menganalisis RPP, supervisi kelas,wawancara dan perbaikan RPP, selanjutnyadiobservasi kembali dengan refleksi dan perubahan RPP, pasca observasi guru dibina, sampai pada peningkatankualitas kinerja guru. Ditemukan perubahan paradigma guru mengajar, baik dalam RPP ataupun dalam pelaksanananya.Hasil penilaian ada kenaikan, tahap awal terjadi kenaikan 1,2 %  dan pada tahap kedua kenaikan 8, 2%. Pada pelaksanaan pembejalaran kenaikan sebesar 2,55, tahap kedua naik 3,55 %. Selain itu naiknya kinerja guru terlihat melalui laporan jurnal yang harus dibuat guru, terlihat dari materi-materi yang tersampaikan atau tidak disetiap kelasnya serta munculnya komuniaksi yang baik antara guru, kepala sekolah dan pengawas.  Direkomendasikan guru selalu menggunakan RPP sebagai pengendali dan standar keberhasilannya setiap kali mengajar. Dan Kepala sekolah diharapkan meningkatkan controlling terhadap tingkat ketercapaian materi mealalui RPP yang dibuat, supervsisi kelas dan jurnal harian guru.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Latip, A. D. (2021). Optimalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama lslam SMA Melalui SupervisiKlinis dan Daily Journal Report. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 349-364. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1133
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.