Optimalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama lslam SMA Melalui SupervisiKlinis dan Daily Journal Report -
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitianbertujuan untuk mengetahui : “Desain Supervisi Klinis dan Daily Journal Report dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMA.
Supervisi klinis adalah supervisi yang difokuskan pada perbaikan pembelajaran melalui langkah pra observasi, observasi dan pasca observasi. Dan rancangan (desain) Tindakan yang lakukan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yakni meliputi empat alur (langkah): (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.
Disimpulkan optimalisasi kinerja guru diperoleh melalui Supervisi Klinis dan laporan Jurnal harian. Supervi klinis dilakukan pada tahap pra observasi dengan menganalisis RPP, supervisi kelas,wawancara dan perbaikan RPP, selanjutnyadiobservasi kembali dengan refleksi dan perubahan RPP, pasca observasi guru dibina, sampai pada peningkatankualitas kinerja guru. Ditemukan perubahan paradigma guru mengajar, baik dalam RPP ataupun dalam pelaksanananya.Hasil penilaian ada kenaikan, tahap awal terjadi kenaikan 1,2 % dan pada tahap kedua kenaikan 8, 2%. Pada pelaksanaan pembejalaran kenaikan sebesar 2,55, tahap kedua naik 3,55 %. Selain itu naiknya kinerja guru terlihat melalui laporan jurnal yang harus dibuat guru, terlihat dari materi-materi yang tersampaikan atau tidak disetiap kelasnya serta munculnya komuniaksi yang baik antara guru, kepala sekolah dan pengawas. Direkomendasikan guru selalu menggunakan RPP sebagai pengendali dan standar keberhasilannya setiap kali mengajar. Dan Kepala sekolah diharapkan meningkatkan controlling terhadap tingkat ketercapaian materi mealalui RPP yang dibuat, supervsisi kelas dan jurnal harian guru.