Analisis Respon Pengguna Terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Praktikum Fisika Dasar

Main Article Content

Febrina Rosa Winda
Wawan Kurniawan
Darmaji Darmaji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pengguna terhadap penerapan e-assessment berbasis web untuk melakukan penilaian penguasaan keterampilan proses sains pada praktikum Fisika Dasar I materi kerapatan. Penelitian ini menggunakan metode mixed method desain explanatory dengan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket respon pengguna dan lembar wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah asisten laboratorium fisika dasar yang melakukan penilaian keterampilan proses sains praktikan saat melakukan praktikum fisika dasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata respon pengguna sebesar 3,36 yang berada di kategori SB (Sangat Baik) terhadap penerapan e-assessment dengan kelebihan e-assessment yang terletak pada efisiensi waktu dalam olah data dan pendistribusian data, hemat biaya pengadaan, dan kemudahan dalam penggunaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Winda, F., Kurniawan, W., & Darmaji, D. (2021). Analisis Respon Pengguna Terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Praktikum Fisika Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 208-215. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1140
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.