Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika SMA/MA Berbasis KPS menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Pengukuran

Main Article Content

Retno Wulan Dari
Sri Purwaningsih
Darmaji Darmaji

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan  dan menguji kelayakan penuntun praktikum berbasis keterampilan proses sains menggunakan 3D Pageflip Professional materi pengukuran. Jenis penelitian ini dalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi materi dan media serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data secara kuantitatif data diolah dari hasil validasi ahli media dan materi sedangkan analisis data kualitatif berupa saran dari validator yang diolah secara deskriptif kualitatif. Penuntun praktikum yang telah selesai dikembangkan memilki format .exe yang dapat dijalankan pada PC/laptop. Penuntun praktikumm ini telah divalidasi dan dinyatakan valid dengan rata-rata skor ahli materi sebesar  3,9 tergolong dalam katetogi sangat baik dan rata-rata skor  ahli media sebesar 3,4 tergolong dalam kategori sangat baik. Selanjutnya skor hasil persepsi siswa terhadap penuntun praktikum sebesar 3,5 tergolong dalam kategori sangat baik. Keunggulan yang terdapat pada penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu  bahasa yang digunakan mudah dimengerti, video yang ditampilkan berbentuk tiga dimensi, terdapat percobaan pelengkap yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, mudah dioperasikan. Adapun kekurangannya yaitu belum bias diakses melalui smartphone dan harus menggunakan bantuan  flash player versi terbaru untuk membuka aplikasi kajian produk akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dari, R., Purwaningsih, S., & Darmaji, D. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika SMA/MA Berbasis KPS menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Pengukuran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 230-241. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1143
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.