Pengaruh Penerapan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 37 Tungka Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Rahmat Rahmat
Umiyati Muhammadiyah Jabri
Firdayanti Firdayanti

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan melibatkan satu kelompok atau satu kelas yang dikenal dengan desain Pra Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Pair Check terhadap kemampuan pemahaman membaca peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Tungka tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Skor rata-rata hasil pretest siswa kelas V adalah 48,3 dengan standar deviasi 16 dimana skor paling rendah yang diperoleh adalah 10 dan skor paling tinggi adalah 70 dari skor ideal 100. Sedangkan, skor rata-rata posttest siswa kelas V adalah 77,5 dengan standar deviasi 22 dimana skor paling rendah adalah 25 dan skor paling tinggi adalah 100 dengan skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 12 siswa atau 80% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ini berarti ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 80%, dengan kesimpulan aktivitas siswa telah mencapai kriteria aktif, sehingga dapat disimpulkan Metode pembelajaran pair check memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas V SDN 37 Tungka Kabupaten Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmat, R., Jabri, U., & Firdayanti, F. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 37 Tungka Kabupaten Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 791-795. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1168
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.