Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri TerhadapPeningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Nur Chabibah

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan observasi awal pada tanggal 2 sampai 30 September 2018 di kelas IX G SMPN 3 Klari-Karawang ditemukan beberapa fakta yakni hasil nilai ulangan harian belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75 (hanya 14,17% siswa yang mencapai KKM, dan nilai rerata siswa adalah 50), siswa kurang terampil dalam melakukan praktikum, dan hanya siswa tertentu yang aktif dan terlihat antusias dalam pembelajaran. Hal merupakan bukti bahwa motivasi dan hasil belajar siswa perlu ditingkatkan. Solusi yang dapat diterapkan adalah menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh paparan yang jelas tentang peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX G SMPN 3 Klari-Karawang  melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada materi Sistem Ekskresi pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 72% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II, hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari 79,41% pada siklus I menjadi 88,24% pada siklus II, hasil belajar psikomotor siswa mengalami peningkatan dari 78% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, hasil belajar afektif siswa mengalami peningkayan dari 84% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX G SMPN 3 Klari, Karawang, Jawa Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Chabibah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri TerhadapPeningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 279-286. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1193
Section
Articles

References

[1] Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
[2] Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[3] Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
[4] Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.
[5] Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
[6] Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
[7] Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[8] Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
[9] Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.
[10] Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[11] Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.