Hubungan Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup pada Penyandang Tuna Netra di Panti Sosial Bina Netra”Tuah Sakato” Padang

Main Article Content

Wadra Mony
Rici Kardo
Joni Adison

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi adanya penyandang tuna netra yang merasa sedih, minder perasaan tidak berharga dengan ketunanetraan yang mereka alami dan merasa tidak ada masa depan yang cerah untuknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran dukungan sosial pada penyandang tuna netra, (2) Gambaran kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra dan, (3) Hubungan antara dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 50 penyandang tuna netra yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan 32 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Hasil penelitian tentang hubungan dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra di Panti Sosial Bina Netra “Tuah Sakato” Padang dilihat pada (1) Gambaran dukungan sosial pada penyandang tuna netra berada pada kategori tinggi, (2) Gambaran kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra berada pada kategori tinggi dan, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup yang menunjukkan arah hubungan yang positif dengan koefisien sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mony, W., Kardo, R., & Adison, J. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup pada Penyandang Tuna Netra di Panti Sosial Bina Netra”Tuah Sakato” Padang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 320-326. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1207
Section
Articles

References

[1] Putri, A. F. 2018. Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), pp. 35–40.
[2] Hayyu, A. dan Mulyana, O. P. 2015. Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Kebermaknaan Hidup pada Penyandang Tuna Rungu di Komunitas Persatuan Tuna Rungu Indonesia (PERTURI) Surabaya. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 5(2), pp. 111–118.
[3] Bastaman, H. 2007. Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup Dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[4] Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Kuantitatif :Quantitative Research Approach. Yogyakarta : Budi Utama
[5] Perwito Utomo, R. H. R. dan Meiyuntari, T. 2015. Kebermaknaan Hidup, Kestabilan Emosi dan Depresi, Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(3), pp. 274–287.

[6] Camalia, F., Susanto, H. dan Susilo. 2016. Pengembangan Audiobook dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran dan Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP. Unnes Physics Education Journal, 5(2), p. 67.
[7] Sulistiyani. 2013. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kebermaknaan hidup Pada Remaja Tunadaksa. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[8] Rizkina, S. 2018. Pengaruh Dukungan Sosial dan Harapan terhadap Resiliensi Anak Didik LAPAS Kelas IIA Salemba. Jurnal Raudhah. 6(2), pp. 1–15
[9] Sari, N. M. and Purwaningsih, I. E. 2012. Hubungan Kebermaknaan Hidup dengan Penerimaan Diri pada Kaum Wariadi Yogyakarta. Jurnal SPIRITS 3(1), pp. 76–84.
[10] Kumalasari, F. dan Nur, L.A. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur 1(1).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.