Pengembangan Buku Elektronik Fisika Dasar I Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Vektor dan Kinematika

Main Article Content

Lois Kusumawati Setiawan
Haerul Pathoni
Alrizal Alrizal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan buku ajar elektronik fisika dasar 1 berbasis pendekatan saintifik menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada materi vektor dan kinematika dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai buku ajar elektronik fisika dasar 1 berbasis pendekatan saintifik menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada materi vektor dan kinematika. Desain pengembangan pada penelitian ini menggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan tipe pengembangan model ADDIE. Menurut Rusdi (2018), pelaksanaan langkah-langkah pada setiap tahapan ADDIE dipadu dengan metode penelitian yang sesuai dengan jenis tahapan utama, tujuan dan karakteristik setiap tahap tersebut. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi awal terhadap 33 mahasiswa Pendidikan Fisika kelas Reguler C angkatan 2018 yang telah mengontrak mata kuliah fisika dasar 1, diperoleh data sebesar lebih dari 50% mahasiswa menyatakan bahwa mata kuliah fisika dasar 1 memiliki tingkat kesulitan pemahaman yang cukup tinggi. Pada materi vektor dan kinematika memiliki persentase kesulitan sebesar 69,7%. Mahasiswa merasa kesulitan untuk mamahami konsep materi perkuliahan, menjabarkan rumus dan menyelesaikan latihan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, L., Pathoni, H., & Alrizal, A. (2021). Pengembangan Buku Elektronik Fisika Dasar I Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Vektor dan Kinematika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 614-621. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.1208
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.