Profil Perkembangan Bakat Khusus Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Article Content

Juliana Sagulu
Ahmad Zaini
Yasrial Candra

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik kurang mampu memahami dan mengingat pelajran yag diberikan guru, kurang mampu berbahasa indonesia, kurang mampu menghitung pelajaran matematika, nilai raport semester 1 rendah dibawah KKM, malas mengikuti kegiatan di sekolah, nilai seni kebudayaan di bawah KKM, dan kurang dukungan, motivasi dari orang tua peserta didik. bertujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan: 1. bakat akademik khusus, 2. bakat seni. 3.bakat kinestetik/psikomotor, 4. bakat sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, populasi penelitian adalah 150 peserta didik. teknik pengambilan sampel (Proportional Random Sampling), yaitu sebanyak 60 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: a) bakat untuk bekerja angka-angka (Numerika) berada pada kategori banyak sebanyak 5 orang (71,66%), b) Bakat dalam menggunakan bahasa berada kategori sangat banyak sebanyak 35 orang (58,33%), c) Bakat mampu mengaransemen dan sangat dikagumi berada kategori cukup banyak sebanyak 14 orang (23,33%), dan d) Bakat memciptakan lagu dalam 30 menit berada pada kategori cukup banyak sebanyak 27 orang (45%). Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru pembimbing/konselor untuk dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan bakat khusus peserta didik  di SMP Negeri 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.             

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sagulu, J., Zaini, A., & Candra, Y. (2021). Profil Perkembangan Bakat Khusus Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 376-384. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1209
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.