Strategi Pendekatan Pembelajaran dalam Persfektif Alqur'an

Main Article Content

Asep Supriatna
Herdian Kertayasa
Alfyan Syach
Chika Gianistika

Abstract

Abstrak


Strategi Pendekatan dalam pembelajaran memiliki pengaruh penting dalam kegiatan belajar mengajar. Semakin banyak pendekatan yang digunakan, pembelajaran yang dilakukan akan semakin menyenangkan, melahirkan nalar kritis peserta didik dan kreatifitas guru. Beberapa ayat al-Quran  memberikan gambaran tentang pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran pendidikan Islam. Hal ini dimaksudkan agar para pendidik yang mengajarkan pendidikan Islam memiliki sikap terbuka dalam mengembangkan berbagai macam pendekatan pembelajaran. Sehingga, pembelajaran yang dilakukan menjadi tidak membosankan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang dimaksud penelitian kepustakaan adalah penelitian yang  menjadikan  data-data  kepustakaan  sebagai  teori  untuk  dikaji dan  ditelaah  dalam  memperoleh  hipotesa  atau  konsepsi   untuk  mendapatkan hasil  yang  objektif. Dalam pengambilan data penulis mengambil dari beberapa sumber diantaranya: al-Quran, Hadis, Buku-buku, Kitab-kitab dan referensi-referensi yang menunjang penelitian ini seperti pendapat para Ulama dan para pakar pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Pendekatan Pembelajaran menurut al-Quran yaitu; 1) pendekatan hikmah, 2) pendekatan nasihat atau pengajaran yang baik, 3) pendekatan Diskusi/jidal, 4) pendekatan keteladanan, 5) pendekatan ceramah, 6) pendekatan pengalaman praktis (trial and error), yaitu melalui percobaan dan pengamatan.


Kata Kunci: Strategi,  Pendekatan Pembelajaran Al-Quran, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Supriatna, A., Kertayasa, H., Syach, A., & Gianistika, C. (2021). Strategi Pendekatan Pembelajaran dalam Persfektif Alqur’an. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 424-436. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1210
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.