Strategi Pendekatan Pembelajaran dalam Persfektif Alqur'an
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Strategi Pendekatan dalam pembelajaran memiliki pengaruh penting dalam kegiatan belajar mengajar. Semakin banyak pendekatan yang digunakan, pembelajaran yang dilakukan akan semakin menyenangkan, melahirkan nalar kritis peserta didik dan kreatifitas guru. Beberapa ayat al-Quran memberikan gambaran tentang pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran pendidikan Islam. Hal ini dimaksudkan agar para pendidik yang mengajarkan pendidikan Islam memiliki sikap terbuka dalam mengembangkan berbagai macam pendekatan pembelajaran. Sehingga, pembelajaran yang dilakukan menjadi tidak membosankan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah library research atau penelitian kepustakaan, yang dimaksud penelitian kepustakaan adalah penelitian yang menjadikan data-data kepustakaan sebagai teori untuk dikaji dan ditelaah dalam memperoleh hipotesa atau konsepsi untuk mendapatkan hasil yang objektif. Dalam pengambilan data penulis mengambil dari beberapa sumber diantaranya: al-Quran, Hadis, Buku-buku, Kitab-kitab dan referensi-referensi yang menunjang penelitian ini seperti pendapat para Ulama dan para pakar pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Pendekatan Pembelajaran menurut al-Quran yaitu; 1) pendekatan hikmah, 2) pendekatan nasihat atau pengajaran yang baik, 3) pendekatan Diskusi/jidal, 4) pendekatan keteladanan, 5) pendekatan ceramah, 6) pendekatan pengalaman praktis (trial and error), yaitu melalui percobaan dan pengamatan.
Kata Kunci: Strategi, Pendekatan Pembelajaran Al-Quran, Pendidikan Islam