Hubungan Pengetahuan Siswa tentang HIV dan AIDS dengan STIGMA Terhadap ODHA di SMAN 5 Makassar

Main Article Content

Mardhatillah Mardhatillah
Devy Febrianti
Zulkarnain Sulaiman
Sunandar Said

Abstract

HIV merupakan virus penyebab AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. Data profil kesehatan kota Makassar tahun 2020, tercatat penderita HIV dan AIDS sebanyak 10.819 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap siswa tentang HIV dan AIDS dengan stigma terhadap ODHA di SMAN 5 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 260 siswa SMAN 5 Makassar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p<0,005 yang berarti ada hubungan antara pengetahuan tentang HIV dan AIDS dengan stigma terhadap ODHA dengan p=0,020, ada hubungan antara sikap siswa dengan stigma terhadap ODHA  dengan p=0,001 dan ada hubungan antara partisipasi siswa pada kegiatan HIV dan AIDS dengan stigma terhadap ODHA dengan nilai p=0,001. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan partisipasi siswa tentang HIV dan AIDS dengan stigma terhadap ODHA di SMAN 5 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardhatillah, M., Febrianti, D., Sulaiman, Z., & Said, S. (2021). Hubungan Pengetahuan Siswa tentang HIV dan AIDS dengan STIGMA Terhadap ODHA di SMAN 5 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 451-457. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1235
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.