Pengaruh Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Main Article Content

Rifa Atiyyah

Abstract

Hal ini bertujuan menganalisis pengaruh simultan dan parsial persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, menghubungkan data persepsi tentang lingkungan sekolah dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar IPS. Data tentang variabel persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti dalam mengukur hal yang berkaitan dengan kedua hal di atas. Sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumen sekolah. Melalui pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama vff mt terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 45,029; (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,133; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 3,784

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Atiyyah, R. (2021). Pengaruh Persepsi Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 483-489. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1247
Section
Articles

References

[1] Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
[2] Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.
[3] Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[4] Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT RakeyanSantang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.
[5] Arifudin, O. (2020). Manajemen Risiko. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[6] Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
[7] Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
[8] Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT RakeyanSantang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.