Google Jamboard Sebagai Determinasi Pembelajaran Latsar CPNS Milenial Kabupaten Kampar

Main Article Content

Embung Megasari

Abstract

Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Lingkungan Kabupaten Kampar saat ini adalah generasi milenial. Karakteristik milenial sangat melek teknologi, komunikatif, dan multitasking sehingga dibutuhkan pengembangan metode pembelajaran berbasis visual dan menyenangkan, berorientasi pada kreatifitas, dan menerapkan sistem blended learning. Dalam hal ini dengan menggunakan media papan tulis virtual Google Jamboard. Metode pada penelitian ini adalah kuasi-eksperimental hanya pada kelompok yang diteliti. Responden pada penelitian ini adalah peserta Kelas B Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Angkatan 2 Gelombang I Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan logiko-induktif yaitu proses berpikir dengan menggunakan logika untuk memahami pola dan kecenderungan dalam data melalui tiga tahap yaitu pengkodean, mendeskripsikan karakteristik utama, dan menginterpretasikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran Mata Pelatihan Komitmen Mutu dengan Google Jamboard sudah dapat diterima peserta. Kelebihan pembelajaran ini adalah menarik, kreatif dan inovatif, efektif dan efisien. Kelemahan terbesarnya adalah peserta belum memahami Jamboard karena baru pertama kali menggunakannya. Masukannya, peserta menginginkan untuk diberi pengenalan Jamboard terlebih dahulu. Kelebihan, kelemahan, dan masukan tersebut diharapkan menjadi bahan pertimbangan jika memungkinkan untuk dilakukan evaluasi pasca pelatihan agar mendapat hasil akurat. Terakhir, kelebihan dan manfaat pembelajaran ini menyiratkan ada baiknya pengajar menggunakan Google Jamboard.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Megasari, E. (2021). Google Jamboard Sebagai Determinasi Pembelajaran Latsar CPNS Milenial Kabupaten Kampar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 435 - 445. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1276
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.