Pendekatan Model Kirkpatrick sebagai Evaluasi Pembelajaran Diklat Petugas Pemeriksa Kesehatan Jemaah Haji Provinsi Riau

Main Article Content

Fauziah Fauziah

Abstract

Evaluasi pasca pelatihan dengan mengunakan Model evaluasi Kirkpatrick yang terbatas hanya pada 3 level ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pelatihan petugas pemeriksa kesehatan jemaah haji di Provinsi Riau tahun 2019 dapat diimplementasikan ditempat tugas dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan inisiasi dan intervensi dasar bagi para petugas pemeriksa kesehatan serta mengidentifikasi kepuasan dan ketidakpuasaan penyelenggaraan pelatihan tersebut. Data diperoleh melalui instrumen berupa laporan evaluasi pasca pelatihan itu sendiri, dianalisis secara deskriptif melalui tabulasi berdasarkan kebutuhan rancangan model Kirkpatrick. Hasil penelitian membuktikan walaupun persepsi peserta menyatakan bahwa pelatihan sudah berada pada predikat sangat baik dengan rata-rata skor terbesar uraian di tiap-tiap level 1, 2, dan 3 berada pada skala “sangat”, namun terdapat ketidakpuasan peserta diantaranya waktu pelatihan yang kurang memadai dan sarana prasarana serta fasilitas belum optimal. Temuan ini menyiaratkan pemangku kepentingan untuk mengupayakan tindak lanjut sebagai aksi realita yang merujuk pada hasil evaluasi sebagai perbaikan di masa mendatang. Oleh karena itu manajemen sarana dan prasarana dirasa tepat sebagai implikasi teoritis dan praktis karena alat, media pembelajaran, serta waktu pelatihan yang dikeluhkan perlu disesuaikan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fauziah, F. (2021). Pendekatan Model Kirkpatrick sebagai Evaluasi Pembelajaran Diklat Petugas Pemeriksa Kesehatan Jemaah Haji Provinsi Riau. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 446 - 455. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1293
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.