PENERAPAN MODEL BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Irman Syarif
Rahmat Rahmat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter melalui penerapan model Brain-Based Learning di kelas II SDN 172 Enrekang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 172 Enrekang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik.Teknik analisis data adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Brain-Based Learning dapat meningkatkan karakter peserta didik kelas II SDN 172 Enrekang tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syarif, I., & Rahmat, R. (2018). PENERAPAN MODEL BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 87-90. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.13
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.