Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pencak Silat Melalui Modifikasi Bola Plastik

Main Article Content

Kaharudin Henry Ashari
Andy Widhiya Bayu Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik tendangan sabit di MTs Terpadu Al Firdaus Kedunggalar Kelas VII B mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi Pencak Silat teknik tendangan sabit. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing dua pertemuan dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi, dan tes. Berdasarkan pelaksanaan tes awal mendapatkan nilai rata-rata 55 (tidak tuntas) sehingga dilakukan perbaikan. Pada tindakan perbaikan siklus I pertemuan I dan II pembelajaran teknik tendangan sabit siswa yang (tuntas) hanya 6 siswa (30%) sementara yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa (70%) secara umum rata-rata mendapat nilai 57 (tidak tuntas). Melihat analisis data tersebut sehingga peneliti melanjutkan di siklus II, pada siklus II pertemuan I dan II siswa memperoleh nilai rata-rata 83 (tuntas), siswa yang tuntas sebanyak 18 (90%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (10%), secara umum siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sehingga secara umum terjadi peningkatan yang signifikan hal ini sesuai yang diharapkan oleh peneliti sehingga peneliti tidak perlu melanjutkan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ashari, K., & Bayu Utomo, A. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tendangan Sabit Pencak Silat Melalui Modifikasi Bola Plastik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 509-513. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1359
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.