Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar

Main Article Content

Saidang Saidang
Suparman Suparman

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial dan dampak pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar di kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan solidaritas sosial dan dampak pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar di Baraka. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, meliputi rangkaian kegiatan yang sistematik untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang diajukan. Jika dilihat dari jenis dan obyek yang diteliti, maka penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian studi kasus dengan maksud memberikan gambaran tentang pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar di Baraka. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar adalah suatu cara untuk membentuk karakter dan kerukunan anatara pelajar sehingga keharmonisan dan kerja sama akan terjalin baik antar kelas maupun antar sekolah. Dan pada akhirnya akan melahirkan generasi-generasi yang berkarakter yang dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa dan negara dan dampak pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar di Baraka adalah terjadinya hubungan kerja sama, terjadinya keharmonisan, terhindarnya dari berbagai jenis konflik terciptanya keamanan, ketentraman dan tentunya hal yang paling penting adalah terbentuknya karakter pelajar yang mencerminkan sosok pelajar yang akan menjadi generasi emas di masa yang akan datang. Disamping itu pemerintah dengan mudah merekrut karyawan yang akan di posisikan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 122-126. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.