Modifikasi Media Bola Abu Kayu Bakar Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Ortodoks

Main Article Content

Sofyan Lutfi Aziz
Andy Widhiya Bayu Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya otodoks di MTs Terpadu Al Firdaus Kedunggalar Kelas VII C mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang menggunakan media bola abu kayu bakar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi, dan tes. Pada tindakan siklus I pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks siswa yang (tuntas) hanya 11 siswa (45,8%) sementara yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (54,1%) secara umum rata-rata mendapat nilai 68  (tidak tuntas). Melihat analisis data tersebut sehingga peneliti melanjutkan di siklus II, pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 80 (tuntas), siswa yang tuntas sebanyak 22 (91,6%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (8,3%), secara umum siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sehingga penggunaan media bola abu kayu bakar terbukti mampu meningkatkan pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks hal ini sesuai yang diharapkan oleh peneliti sehingga peneliti. Peneliti berharap media ini dapat membantu kepada seluruh guru Pendidikan Jasmani terutama materi tolak peluru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aziz, S., & Bayu Utomo, A. W. (2021). Modifikasi Media Bola Abu Kayu Bakar Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Ortodoks. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 524-527. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1424
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.