Hubungan Regulasi diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Magister yang bekerja pada Perguruan Tinggi Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian meta-analisis oleh Steel (2007) di Universitas Calgary bahwa 80% hingga 95% mahasiswa melakukan prokrastinasi, terutama saat melakukan tugas kuliah. Pada penelitian Klassen, Krawchuk dan Rajani (2008) di universitas Kanada juga menghasilkan data bahwa prokrastinasi pada siswa terkait dengan tingkat regulasi diri yang lebih rendah.Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa siswa dengan kemampuan untuk mengatur diri yang rendah memiliki IPK yang lebih rendah,dan lebih banyak menunda..Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai hubungan prokrastinasi akademik dengan regulasi diri mahasiswa. metode penelitian kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Hasil yang didapatkan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05).Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi negatif antara prokrastinasi akademik dengan regulasi diri dan menunjukkan hubungan yang signifikan.Sehingga ada hubungan yang signifikan prokrastinasi akademik dengan regulasi diri mahasiswa magister yang bekerja.