Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 06 Payung

Main Article Content

Rizki Ramadini
Liza Murniviyanti
Ali Fakhrudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 06 Payung tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 Payung dengan sampel kelas V sebanyak 23 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk soal uraian yang terdiri dari 4 soal yang mencakup pada materi menulis teks eksplanasi. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Analisis data hasil tes dilakukan dengan menggunakan uji normalitas (uji Shapiro Wilk), uji homogenitas ( uji Lavene) dan uji hipotesis uji-t (Paired-Sample T-test). Hasil penelitian yang diperoleh pada kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan nilai rata-rata pretest 47,39 sedangkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran RADEC rata-rata nilai posttest 79,78. Hasil nilai N-Gain score sebesar 0,627, artinya kriteria skor rata-rata Gain yaitu sedang. Sedangkan hasil rata-rata nilai N-Gain score pretest posttest sebesar 62,76, artinya tingkat efektivitas dikategorikan ke dalam cukup efektif. Uji hipotesis kemampuan menulis teks eksplanasi diperoleh nilai sig- tailed 0,000, karena nilai sig < 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa di SD Negeri 06 Payung.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadini, R., Murniviyanti, L., & Fakhrudi, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 06 Payung. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 99-104. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1647
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.