Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Virus Covid-19 ini menghancurkan seluruh kehidupan manusia termasuk juga pendidikan
yang ada di Indonesia. Berlandaskan kepada surat edaran No 4 tahun 2020 metode
pembelajaran yang semulanya tata muka secara tiba-tiba diganti menjadi daring. Dengan
terjadinya transformasi pembelajaran ini mengharuskan seorang guru untuk meningkatkan
berbagai kompetensi, salah satunya kompetensi pedagogik. Dalam upaya peningkatan
kompetensi ini, guru membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari kepala
sekolah. Tujuan tulisan ini adalah untuk mengkaji lebih jauh strategi apa saja yang harus
digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik seorang guru. Metode
yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode literer atau kepustakaan (library research).
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel-artikel jurnal yang relevan
dan sesuai dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang
dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah
1), Perencanaan meliputi ; membantu guru menyiapkan RPP, LKPD, membina kompetensi
pedagogik guru dan lain-lain. 2) Monitoring, memeriksa persiapan dapat terlaksana
sebagaimana yang telah direncanakan. 3) evaluasi melalui hasil rekap monitoring
pembelajaran terkhususnya yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik guru.
Abstract
The Covid-19 virus has destroyed all human life, including education in Indonesia. Based on
circular letter No. 4 of 2020, the learning method that was originally face-to-face was
suddenly changed to online. With the transformation of learning, it requires a teacher to
improve various competencies, one of which is pedagogic competence. In an effort to
increase this competency, teachers need support from various parties, especially from the
principal. The purpose of this paper is to further examine what strategies school principals
should use to improve the pedagogic competence of a teacher. The method used in this paper
is the literary or library research method. Sources of data used in this study are journal
articles that are relevant and in accordance with the research theme. The results of this study
indicate that the strategies that can be carried out by school principals in improving teacher
pedagogic competence are 1), planning includes; help teachers prepare lesson plans, LKPD,
foster teacher pedagogic competence and others. 2) Monitoring, checking that preparations
can be carried out as planned. 3) evaluation through the results of the learning monitoring
recap, especially those related to the teacher's pedagogic competence.