Partisipasi Aktif Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Profesi Keguruan

Main Article Content

Agus Kichi Hermansyah
Dewi Puji Rahayu
Ratna Purwanty
Yonarlianto Tembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Profesi Keguruan di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Musamus Merauke. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Unmus yang mengambil mata kuliah Profesi Keguruan. Objek penelitian ini adalah partisipasi aktif mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil observasi pembelajaran oleh dosen observer pada penerapan model pembelajaran jigsaw penilaian dosen observer sebesar 96% kategori sangat aktif, penilaian mahasiswa sebesar 82,14% kategori sangat aktif. Sedangkan untuk pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional diperoleh hasil penilaian observer sebesar 52% dengan kategori cukup aktif, dan hasil penilaian mahasiswa menunjukkan persentase sebesar 45,31% dengan kategori cukup aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hermansyah, A., Rahayu, D., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2020). Partisipasi Aktif Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Profesi Keguruan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 132-139. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.168
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.