Pengaruh Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas IV di SDN Gentramasekdas
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari media video animasi terhadap pemahaman konsep segitiga siswa kelas IV di SDN Gentramasekdas terhadap 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen yang menggunakan bentuk penelitian Quasi Experimental Desaign. dengan tujuan untuk mengetahui adakah efektifitas dari media video animasi terhadap pemahaman konsep segitiga siswa kelas IV di SDN Gentramasekdas. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV (empat) dengan mengambil sampel dua kelompok belajar (kelompok belajar eksperimen dan kelompok belajar kontrol) melalui teknik random sampling. Data penelitian didapat melalui kegiatan pre-test (kemampuan awal siswa kedua kelompok) dan post-test (kemampuan akhir siswa kedua kelompok). Data dianalisis dengan menggunakan menggunakan uji t dua berpasangan (paired-sample t test). Lalu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari hasil data posttest kedua kelompok yang dianalisis menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan media video animasi memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep segitiga siswa kelas IV yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa secara keseluruhan. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dengan penjelasan bahwa media video animasi memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep segitiga siswa SD.