Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Al-Ummah Cibadak

Main Article Content

Rifa Oktaviani jaidi
Arsyi Rizqia Amalia
Din Azwar Uswatun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas satu pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Al-ummah Cibadak. Fokus penelitian mengenai peran guru pada pembelajaran bahasa Inggris yaitu guru berperan sebagai pengontrol, pendorong, fasilitator, model dan asesor. Metode penelitan menggunakan  pendekatan kualitatif deskriptif. Intrumen yang digunakan yaitu wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. peneliti menggunakan teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian  menunjukan bahwa guru  bahasa Inggris di kelas satu SDIT Al-Ummah telah melaksanakan lima peran guru pada pembelajaran, yaitu guru sebagai pengontrol, pendorong, model, fasilitator dan asesor. Kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring yaitu kurang stabilnya sinyal sehingga menghambat pembelajaran, selain itu kurangnya perhatian orangtua ketika pembelajaran berlangsung sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru bahasa Inggris di sekolah lain untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
jaidi, R., Amalia, A., & Uswatun, D. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Al-Ummah Cibadak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 757- 766. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.