Penerapan Model Experiential Learning Berbasis Local Wisdom terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Materi SBdP Kelas IV SD Negeri 10 Sembawa
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning di, 2) mengetahui bagaimana kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning, 3) mengetahui Apakah model pembelajaran experiential learning efektif terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP. Metode dalam penelitian yang digunakan Quasi Experimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian, yaitu seluruh siswa SD Negeri 10 Sembawa dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah laki-laki 21 orang dan perempuan berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP sebelum diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning rata-rata adalah 29,74 dengan kriteria Cukup Kreatif sebanyak 24 siswa (55,8%); dengan kriteria Tidak Kreatif sebanyak 19 siswa (44,2%); serta tidak ada siswa dengan kriteria Sangat Kreatif dan Kreatif, 2) Kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential learning rata-rata adalah 70,14 kriteria Sangat Kreatif sebanyak 2 siswa (4,7%); dengan kriteria Kreatif sebanyak 37 siswa (86,0%); dengan kriteria Cukup Kreatif sebanyak 4 siswa (9,3%); serta tidak ada siswa dengan kriteria Tidak Kreatif, 3) Model pembelajaran expriential learning efektif terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran materi SBdP dengan nilai thitung sebesar 7,418 dan nilai ttabel sebesar 2.017, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: model experiential learning, local wisdom, model pembelajaran