Pengaruh Penguasaan Kosakata Pasif-Reseptif Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 88 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian didasarkan oleh masalah siswa yang kesulitan dalam pemilihan kata untuk menuangkan ide ketika menulis karangan sehingga cenderung tidak bisa menulis karangan dalam jumlah banyak. Siswa juga belum pernah diberikan tes penguasaan kosakata. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penguasaan kosakata bahasa Indonesia pasif-reseptif dan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 88 Palembang. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan analisis pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis statistik yang telah dilakukan. Didapatkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,627. Yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi. Nilai koefesien determinasi sebesar 39,3% variabel kemampuan menulis karangan narasi dipengaruhi oleh penguasaan kosakata. Dengan persamaan regresi Y = 31,44+0,591X. Kemudian berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai t hitung sebesar 5,630 dan signifikansi 0,000 serta nilai t tabel sebesar 2,007. Karena nilai dan nilai signifikansi <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang telah dirumuskan diterima yaitu terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi.