Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam

Main Article Content

Angi Ramdania Hermawan
Oyoh Bariah
Khalid Ramdhani

Abstract

Moral merupakan nilai penting dalam diri manusia. Melalui pendidikan dan pengajaran, nilai moral pada setiap individu akan berkembang dan membentuk karakter baik. Salah satu ulama yang memformulasikan konsep pendidikan moral adalah Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fii al-Islam. Dalam pemikirannya, pendidikan moral diinternalisasikan dengan menumbuhkan rasa takut kepada Allah dan rasa diawasi oleh Allah yang menjadi benteng pemisah bagi individu untuk tidak melakukan keburukan. Selain itu, konsep ini menitikberatkan pada perhatian dan pengawasan orangtua terhadap beberapa perilaku anak yang merupakan substansi penting dalam pendidikan moral. Melalui penelitian study literature dengan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti bertujuan menggali konsep pendidikan moral perspektif Abdullah Nashih Ulwan secara lebih komprehensif dan detail. Hasil penelitian ini menjelaskan formula pendidikan moral pada keluarga muslim yang dapat diinternalisasikan oleh orangtua dalam mendidik moral anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hermawan, A., Bariah, O., & Ramdhani, K. (2021). Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 812-822. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1772
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.