Menanamkan Sikap Toleransi pada Masyarakat Multikultural dalam Persfektif Tafsir Al-Azhar

Main Article Content

Citra Cahaya Nugraha
E. Tajuddin Noor
Taufik Mustofa

Abstract

Multikulturalisme menjadi ruang lingkup dan objek utama dalam toleransi. Dewasa ini, Indonesia sebagai negara yang multikultural dihadapkan pada disharmoni sosial yang tinggi. Kasus intoleransi di Indonesia berada pada tingkat yang mengkhawatirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap toleransi dapat di tanamkan pada lingkungan masyarakat multikultural berdasarkan perpektif tafsir al-azhar karya Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (Hamka). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), penelitian kepustakaan (library research) merupakan suatu penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku, majalah, artikel, kisah-kisah sejarah, berita, dan sebagainya. Sumber data dari penelitian ini menggunakan data sekunder. Dimana penelitian ini berdasarkan al-qur’an sebagai huddan linnas yang memiliki ratusan ayat terkait sikap toleransi sehingga Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (Hamka) seorang mufasir nusantara memiliki perhatian yang lebih terhadap sikap intoleransi yang ada di negara ini. Kemudian beliau mengkaji ayat-ayat tersebut sebagai solusi membentuk lingkungan damai dan tentram di tengah masyarakat yang multikultural melalui sikap toleransi berdasarkan al quran. Hasil dari penelitian ini bahwa sikap yang harus di tanamkan yaitu sikap saling menghargai dan menghormati, saling mengasihi dan menyayangi, menjunjung tinggi perdamaian dan adil terhadap sesama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nugraha, C., Noor, E. T., & Mustofa, T. (2021). Menanamkan Sikap Toleransi pada Masyarakat Multikultural dalam Persfektif Tafsir Al-Azhar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 745-751. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1799
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.