Penerapan Teori Belajar Bloom dan Krathwohl dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kesebangunan pada Peserta Didik Kelas IX.A SMP Negeri 1 Duapitue
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kesebangunan pada peserta didik kelas IX.A SMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap melalui Teori Belajar Bloom dan Krathwohl. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.ASMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap, yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 1 laki-laki dan 19 perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kesebangunan padapeserta didik kelas IX.ASMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap setelah dilakukan proses pembelajaran melalui Teori Belajar Bloom dan Krathwohl yang ditandai dengan: (1) Meningkatnya skor rata-rata hasil belajar kesebangunan peserta didik yaitu 75,25 pada siklus I meningkat menjadi 90,25 pada siklus II, atau meningkat sebesar 15%. (2) Meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 65% menjadi 100% (tuntas secara klasikal). (3) Meningkatnya rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang sesuai dengan proses pembelajaran dari siklus I sebesar 58,67% menjadi 67,67% pada siklus II, dan menurunnya aktivitas peserta didik yang tidak sesuai dengan pembelajaran yaitu sebesar 6,66% dari 23,33% pada siklus I menjadi 16,67% pada siklus II. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.