Pemanfaatan E-Learning dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
E-learning adalah jenis pembelajaran yang berlangsung sepenuhnya online dan memanfaatkan kemampuan teknologi. Mahasiswa dan dosen dapat menggunakan alat yang tersedia dalam pembelajaran online untuk berkomunikasi dan berinteraksi, melakukan kegiatan tanya jawab, menanyakan kepada dosen ataupun sebaliknya, serta memberi tanggapan terhadap pernyataan yang dibuat oleh rekan-rekannya saat aktivitas pembelajaran misalnya berkomunikasi dan berinteraksi, melakukan aktivitas tanya jawab, dan memberi tanggapan pernyataan yang dibuat oleh teman sejawatnya. Dengan perangkat yang lengkap tersebut, dosen dan mahasiswa akan dapat belajar dengan lebih mudah. Kebosanan siswa akan berkurang, dan mereka akan lebih termotivasi untuk belajar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan e-learning berdampak positif pada motivasi belajar mahasiswa. Nilai signifikansi analisis adalah 0,000<0,05, dan nilai t-hitung (13,256 ) > t-tabel (2,02439). Nilai R S-quare terlihat bahwa sebesar 82,2% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi dan 17,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang tidak diteliti
Downloads
Article Details
References
[2]Husaefah, M. (2017). Application of E-Learning Quipper School. International Journal of Social Science and Humanities Research, 5(3):522–
26.
[3]Haryadi, R., & Al’ayubi, M. W. (2020). OKE MAS (Optimalisasi Kegiatan E-learning Menjadi Aktif dan Soluktif) Upaya Peningkatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan di Masa Pandemi. Jurnal Edumaspul, 4(2), 390-395.
[4]Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2):214–24.
[5]Rahmandhani, N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning. Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 5(6). (1829–7463).
[6]Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan e-learning sebagai pendukung adaptive learning Dan peningkatan kompetensi siswa Smk di Kabupaten Bantul. Taman Vokasi, 2(2), 170.
[7]Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. Surabaya: CV.Abe Kreatifindo.
[8]Alhazbi, S. (2015). ARCS-Based Tactics to Improve Students' Motivation in Computer Programming Course. ICCSE, 9(3), 317-321.
[9]Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.