Problematika dalam Menghadapi Pembelajaran Work From Home pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Cici Handayani Rukmana
Masykur H. Mansyur
Abdul Kosim

Abstract

Bekerja dari rumah (Work from Home/ WFH) adalah impian banyak orang saat ini, terutama bagi generasi milenial saat ini. Situasi global saat ini WHO telah mengumumkan pandemi global virus COVID-19 semakin membuat beberapa kebijakan di seluruh negara untuk mengarahkan pegawai swasta dan pegawai sipil untuk melakukan WFH. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Problematika dalam menghadapi pembelajaran Work from Home pada masa pandemic COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan dengan dilakukan melalui literature review dari data yang dipublikasikan seperti artikel online, jurnal nasional maupun internasional yang diterbitkan pada tahun 2020-2021. Subyek penelitian ini adalah pegawai yang melakukan kerja dari rumah (WFH).  Hasil penelitian menunjukkan beberapa kekurangan-kekurangan dari WFH yakni sarana prasarana terbatas, biaya tambahan, motivasi kerja menurun, dan adanya gangguan-gangguan selama bekerja WFH. Berdasarkan penelitian ini menujukkan bahwa penyebaran COVID-19 tentunya tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga secara umum berdampak pada aspek ekonomi, sosial, budaya, politik dan keamanan seluruh negara di dunia. Selain itu, adanya problematika dari WFH yang mempengaruhi sisi psikologis para karyawan.  Untuk belajar dari situasi ini, semua organisasi harus memiliki strategi dan kapasitas untuk menghadapi perubahan yang terjadi dan tidak dapat diprediksi.


Kata kunci: Problematika, Working From Home, COVID-19


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rukmana, C., H. Mansyur, M., & Kosim, A. (2021). Problematika dalam Menghadapi Pembelajaran Work From Home pada Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 593-598. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1812
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.