Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Sintia Septiani Fitri

Abstract

Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan tumbuh kembang anak, apalagi lingkungan keluarga adalah pilar utama untuk membentuk baik buruknya pribadi manusia agar dapat berkembang dengan baik dalam bersikap dan berakhlak. Orang tua dapat berperan sebagai sumber pembimbing, pendidik seorang anak karena hal utama dimulai dari keluarga dan orang tua karena dari orang tua lah seorang anak pertama-tama menerima Pendidikan. Pada saat ini sistem pembelajaran mengalami perubahan dikarenakan dengan adanya pandemi covid-19 menjadikan semua kegiatan belajar dilakukan sepenuhnya di rumah. Tetapi dalam perannya sebagai seorang pengajar dan pembimbing untuk anaknya orang tua juga masih mempunyai keterbatasan-keterbatasan yang menghambat perannya untuk membantu anak dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi covid-19. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara. Sampel penelitian ini adalah orang tua di Desa Plawad, Karawang Timur. Hasil dari penelitian ini adalah orang tua dapat meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi covid-19 yaitu orang tua dapat menambah kedekatan hubungan dengan anaknya dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar. Peran orang tua selama pembelajaran online atau di rumah diantaranya sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitri, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 49-55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1842
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.