Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus SMP IT Harapan Umat Karawang
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini sangat mempengaruhi banyak aspek, salah satunya aspek pendidikan. Proses belajar mengajar harus tetap berlangsung dengan semestinya agar seluruh peserta didik bisa mendapatkan layanan pendidikan yang optimal namun tetap mengutamakan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 semaksimal mungkin. Kondisi ini membuat proses pembelajaran yang semula bersifat tatap muka di kelas harus bertransformasi menjadi pembelajaran daring. Sistem pembelajaran yang berbeda ini membuat pelaksanaan penerapan pendidikan karakter terhambat. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana SMPIT Harapan Umat menerapkan pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati proses pembelajaran jarak jauh, serta dokumentasi yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran selama pandemi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: Kegiatan belajar secara online yang dilakukan dengan desain seperti pembelajaran tatap muka. menerapkan budaya sekolah yang biasa dikerjakan di sekolah. Menjalin kerjasa sama antara guru dan orang tua siswa.