Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Pada Mahasiswa Prodi Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli

Main Article Content

Adrianus Zega

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran konstruksi bangunan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), IKIP Gunungsitoli. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menitikberatkan pada penciptaan produk/proyek dan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Rancangan penelitian ini secara teknis kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap TA. 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah 25 mahasiswa PTB yang sedang mengontrak mata kuliah konstruksi bangunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket digunakan untuk mendapatkan data persepsi mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran, serta tugas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89% model PjBL yang digunakan oleh dosen ahli selama proses belajar mengajar membuat mahasiswa lebih paham pembelajaran. Sedangkan rerata nilai kelas yakni 78, lebih besar dari nilai standar ketuntasan 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) merupakan strategi pengajaran yang tepat untuk mata kuliah konstruksi bangunan memberikan pengalaman belajar mahasiswa secara detail, rinci, serta menantang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zega, A. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Pada Mahasiswa Prodi Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 622 - 626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1884
Section
Articles

References

[1] Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2), 186–196.
[2] Rais, M., & Ardhana, W. (2013). Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perncangan Mesin. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 20(1), 33–44.
[3] Mulhayatiah, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis proyek Unruk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Edusains. 6(1), 18-22
[4] Astawa, I. M., dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, hal.1-11
[5] Ergul, N. R, Kargin, E. K. (2014). The Effect Of Project Based Learning On Students Science Success. Procedia Social and Behavioral Science, 136 (2014), 537-541
[6] Susanti. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 36-42
[7] Abidin, Z., Rumansyah., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 2620-8326.
[8] Anissa, R., Hsb, M. H. E., & Damris, M. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model project based learning berbasis STEAM (science, technology, engineering, arts dan mathematic) pada materi asam dan basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of the Indonesia Society of Integrated Chemistry, 10 (2), 11-19.
[9] Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.