Penetrasi Google Classroom pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pembelajaran Daring di Era Pandemi

Main Article Content

Sarjono Sarjono

Abstract

Dunia pendidikan sempat mengalami vacum ketika pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) melanda Indonesia pada awal tahun 2020. SMK Negeri 4 Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung menerapkan beberapa aplikasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran diantaranya Google Classroom. Di awal penerapan Google Classroom sempat membuat guru dan siswa ragu karena dianggap baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetrasi dan efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 4 Pangkalpinang. Penelitian didasarkan pada pengalaman siswa pada awal pembelajaran daring (awal 2020) dan setelah berlangsung selama lebih dari satu tahun (awal 2021). Pada penelitian ini dilakukan evalusi terhadap pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Hal yang diuraikan adalah pengamatan terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran secara kualitatif, berbagai permasalahan dan upaya-upaya solusi dalam perjalanan pembelajaran daring sehingga lebih efektif. Pengalaman siswa secara kuantitatif didapatkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada keseluruhan populasi 30 siswa kelas XINKN1 SMKN 4 Pangkalpinang. Kuesioner berisi pertanyaan tentang refleksi pengalaman pada Maret 2020 (awal pembelajaran daring) dan pada Juli 2021 (setelah lebih dari satu tahun pembelajaran daring). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring melalui media Google Classroom efektif untuk mengatasi batas waktu, ruang, dan jarak. Siswa antusias untuk mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran daring dari awal pandemi hingga sekarang secara kualitatif telah mendapatkan efektivitas. Google Classroom telah menjadi pengganti pertemuan di kelas secara luring, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Secara kuantitatif yang dirasakan oleh siswa telah mendapatkan respon positif dengan penetrasi dan lompatan dalam lima hal, yaitu keberadaan, pemakaian, kemampuan menggunakan, kenyamanan, dan efektivitas penggunaan Google Classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sarjono, S. (2021). Penetrasi Google Classroom pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pembelajaran Daring di Era Pandemi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 424- 434. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1914
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.