Pemahaman Santri tentang Ilmu Qira’at dalam Membaca Alqur’an di Pondok Pesantran Al-Qur’an Bani Syahid

Main Article Content

Bintan Silmiahalwah
Tajuddin Nur
Neng Ulya

Abstract

Kebanyakan orang membaca Al-Qur’an tanpa mengetahui ilmu Al-Qur’an dan Salah satu ilmu Al-Qur’an adalah ilmu qira’at. Ilmu qira’at banyak yang mengkaji dan menelitinya tetapi sedikit yang mengkaji sejauh mana pemahaman seseorang yang telah mempelajari ilmu tersebut. Ilmu qira’at ini juga tidak dipelajari di setiap lembaga pendidikan melainkan hanya dipelajari di lembaga pendidikan Islam khususnya pondok pesantren. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman santri mengenai ilmu qira’at yang telah diajarkan di pondok pesantren. Metode dalam penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi dan juga wawancara yang kemudian hasilnya di analisis dengan mereduksi data setelah itu baru disajikan dengan tabel dan juga penjelasan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemahaman santri terhadap ilmu qira’at masih kurang karena kurangnya sumber atau rujukan sebagai referensi dalam mempelajari ilmu qira’at dan tidak adanya evaluasi yang dilakukan untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan telah tercapai atau belum. Seharusnya lembaga pendidikan yang lain pun menerapkan pembelajaran ini agar yang belum tahu tentang ilmu qira’at dapat belajar di lembaga pendidikan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Silmiahalwah, B., Nur, T., & Ulya, N. (2021). Pemahaman Santri tentang Ilmu Qira’at dalam Membaca Alqur’an di Pondok Pesantran Al-Qur’an Bani Syahid. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 823-830. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1960
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.